Menampilkan Related Posts pada Oxygen Builder

Oxygen Builder sudah dilengkapi dengan komponen Easy Posts yang memudahkan untuk menampilkan listing post dalam halaman WordPress Anda. Namun bagaimana jika ingin menampilkan posting terkait seperti pada single post di blog ini? Simak langkah-langkahnya disini.

Menyiapkan Struktur

Jika Anda melihat postingan ini, di bagian kanan ada section "Posting Terkait", di belakang layar sebenarnya itu adalah reusable part yang saya buat untuk ditempel ke template apapun yang membutuhkan part tersebut.

Isi dari reusable part itu seperti pada gambar berikut:

Seperti terlihat diatas, hanya komponen Easy Posts yang saya gunakan. Pastikan memilih opsi manual pada bagian WP Query, tambahkan custom parameter seperti "sp_related=yes" sebagai penanda yang akan digunakan pada custom script nantinya.

Untuk menghilangkan halaman (pagination) tambahkan kode CSS berikut pada Template CSS.

%%EPID%% .oxy-easy-posts-pages { display:none; }

Saya juga melakukan modifikasi template agar hanya Featured Image dan Post Title yang ditampilkan.

Script Related Posts

Gunakan plugin code snippets untuk menulis kode berikut, penggunaan custom parameter sp_related yang dibuat sebelumnya dapat Anda lihat disini. Beberapa fungsi terkait WordPress seperti wp_get_post_tags, get_the_category dan hook pre_get_posts bisa Anda pelajari pada WordPress codex.

Tempelkan reusable part pada template yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Komponen Easy Posts dan konsep reusable parts pada Oxygen Builder memungkinkan kita membuat sebuah website kustom tanpa banyak menggunakan plugin-plugin tambahan.

Tampilan pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda atau klien, penggunaan komponen Repeater dapat digunakan sebagai pengganti Easy Posts jika diinginkan.

Happy WordPressing 🙂

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
envelope-otagscalendarexternal-linksuitcasewhatsapp
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x