Format Angka pada Calculation Field Forminator

Jika Anda pengguna plugin Forminator mungkin perlu menampilkan hasil kalkulasi dalam format mata uang dengan pemisah ribuan, sayangnya saat ini fasilitas itu belum tersedia. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkahnya disini.

Hasil akhir script

Buat Form dan Menampilkannya

Pastikan Anda sudah membuat form dengan field calculation, untuk mempercepat proses, Anda dapat menggunakan contoh form berikut, silahkan gunakan fasilitas import.

Buat juga page baru dengan meng-attach form yang sudah Anda buat. Pada contoh ini, saya memberi nama Forminator Test, sehingga slugnya adalah "forminator-test"

Menyiapkan Plugin Pendukung

Ada 2 plugin yang perlu di-install pada web WordPress Anda, yaitu Code Snippets dan Simple Custom CSS and JS. Jika Anda dapat membuat plugin sendiri atau menggunakan child theme, kedua plugin itu tidak perlu digunakan. Silahkan install dan aktifkan untuk memulainya.

Menambahkan jQuery Number

Silahkan download script jquery number pada halaman github ini: https://github.com/customd/jquery-number, kemudian buka menu Custom CSS & JS -> Add Custom JS (pastikan Anda sudah menginstall plugin Simple Custom CSS and JS). Beri judul sesuai keinginan, dan pada bagian code, isi script dari halaman ini https://github.com/customd/jquery-number/blob/master/jquery.number.min.js

Setelah publish, klik link Deactivate, kita akan load script secara manual pada langkah berikutnya.

Menambahkan Script Utama

Buka menu Snippets -> Add New, kemudian buat snippet baru dengan isi script sebagai berikut:

Pilih opsi Only run on site front-end kemudian Save Changes and Activate.

Ada 2 hal yang perlu diperhatikan, yaitu kode untuk me-load jquery number, pada contoh diatas lokasi script adalah https://businessprofile.solusipress.com/wp-content/uploads/custom-css-js/18.js yang mungkin saja berbeda dengan lokasi pada web WordPress Anda. Mohon sesuaikan dengan permalink Custom JS untuk jQuery Number yang telah Anda buat.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah conditional page is_page( 'forminator-test' ). Silahkan sesuaikan dengan page slug pada halaman yang telah Anda buat untuk menampilkan form Forminator.

Silahkan cek live demo pada halaman ini.

Happy WordPressing 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

envelope-otagseditcalendarexternal-linksuitcasewhatsapp