Membuat Buku Tamu dengan Forminator

Mau menampilkan form sekaligus menampilkan listing isian form pada halaman yang sama ? Anda dapat mengkustomisasi plugin Forminator untuk mewujudkannya.

Sebelum Memulai

Sesuai judul postingan, Anda membutuhkan plugin Forminator yang dapat didownload secara gratis pada repository WordPress, selain itu untuk menulis kode program Anda juga membutuhkan plugin Code Snippets. Jika Anda berpengalaman dalam WordPress development, silahkan menulis kode pada child-theme atau custom plugin.

Membuat Form

Untuk menampilkan form pada halaman, Anda harus membuatnya dulu. Silahkan tambahkan sendiri form sesuai keinginan. Atau Anda dapat meniru field-field yang saya buat seperti pada gambar berikut.

Perhatikan nama field yang ditampilkan, karena itu akan kita gunakan pada kode program. Pastikan form berjalan secara normal sebelum kita lakukan kustomisasi.

Menambahkan Kode

Tambahkan kode berikut menggunakan plugin Code Snippets, pastikan variable $form_id dan $page_slug sesuai dengan yang ada pada WordPress anda.

Perhatikan juga kode pada baris 78 dan 80, variable index "name-1", "text-1" dan "textarea-1" harus sesuai dengan nama field pada setting Forminator Anda.

Untuk menampilkan listing entry, gunakan shortcode [ guestbook_entries ] pada bagian halaman yang Anda inginkan.

Cek Demo

Happy WordPressing 🙂

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Kamini
Kamini
18 days ago

Mas.. saya request integrasi contact form 7 dengan payment gateway donk hehehe. Rencana mau konek ke API tripay

Dion Prastono
Dion Prastono
17 days ago

Mau tanya untuk forminator buku tamu,tampilan di website saya,komentarnya terkirim ke email.bukan di halaman websitenya.

Mohon dibantu mas ?

envelope-otagscalendarwhatsapp
4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x