Membuat Website Berbasis WordPress Hanya 200 Ribuan

Ingin membuat website untuk meningkatkan profesionalitas bisnis atau profil Anda? Mungkin Anda perlu mencoba WordPress yang telah digunakan oleh lebih dari 30% populasi web yang ada di internet.

Biaya membuat website tergantung pada tujuan dan sejauh mana Anda ingin terlibat dalam membangun website Anda. Jika tujuan Anda ingin membangun sebuah company profile atau personal blog dan Anda ingin terlibat sepenuhnya dalam pengembangan website tersebut, maka Anda hanya perlu mengeluarkan dana awal sekitar 200 - 300 ribu rupiah saja untuk menyewa web hosting dan nama domain per tahun.

Sewa Layanan Hosting dan Domain dari Domainesia

Banyak penyedia web hosting dan domain yang bisa Anda pilih, namun saya menyarankan untuk menggunakan layanan dari Domainesia karena sampai tulisan ini dibuat Domainesia mempunyai review yang sangat baik, untuk pilihan hosting dan domain lainnya silahkan googling untuk mencari alternatif yang lain.

Silahkan buka website Domainesia untuk memulainya, kemudian pilih menu Hosting untuk memilih paket-paket yang ada.

Pilih paket sesuai kebutuhan dan dana Anda. Sebagai contoh saya memilih paket Extra dengan tujuan membuat sebuah Landing Page atau Company Profile. Perlu diketahui juga, paket extra ditujukan untuk website dengan estimasi pengunjung per hari berkisar 800 pengguna. Berikut rinciannya:

PaketEstimasi PengunjungPaketEstimasi Pengunjung
Lite400 / HariMikro5.000 / Hari
Extra800 / HariMega10.000 / Hari
Super2.000 / HariGiga15.000 / Hari
Monster4.000 / HariExa25.000 / Hari

Anda tidak perlu terlalu khawatir dalam hal ini, angka-angka tersebut hanya estimasi. Anda dapat meng-upgrade-nya jika dikemudian hari website Anda tidak sanggup menampung visitor harian karena kekurangan resource atau Anda dapat menggunakan CDN gratis dari Cloudflare.

Jika Anda ingin lebih serius membuat website berbasis WordPress, Anda dapat memilih WordPress Hosting dengan harga mulai 400ribu-an per tahun. Dengan paket ini Anda akan mendapat fitur/fasilitas tambahan terkait WordPress dan Web Development seperti WordPress Akselerator, WP-CLI, akses SFTP/SSH, Git dan Composer.

Pilihan WordPress Hosting

Jika sudah menentukan paket, silahkan klik tombol Pesan, lalu isi formulir yang disediakan seperti pada contoh dibawah ini. Untuk nama domain silahkan isi sesuai keinginan.

Untuk nama domain .com mungkin akan dikenakan biaya sebesar Rp 99.000 atau pilih paket Super untuk domain .com gratis

Scroll kebawah sampai bagian Aplikasi Web, pilih WordPress, kemudian isi username dan password sesuai keinginan Anda. Kemudian klik "Masukkan Troli" untuk melanjutkan.

Review troli Anda sebelum melanjutkan, apakah harga sudah sesuai? Anda dapat menghapusnya dengan meng-klik tombol Hapus untuk membatalkan.

Untuk mendapatkan diskon 20% silahkan ketik SOLUSIPRESS pada bagian kode promo. Atau jika Domainesia mempunyai promo dengan diskon diatas 20%, jangan ragu untuk menggunakannya, ambil diskon terbesar yang tersedia 🙂

Klik tombol Daftar jika belum memiliki Acccount Domainesia, kemudian isi formulir seperti pada contoh dibawah. Jika sudah, klik tombol "Sign up" untuk melanjutkan

Pastikan email Anda aktif, karena akan digunakan untuk verifikasi nama domain dan informasi cpanel hosting akan dikirimkan ke email tersebut.

Jika sudah selesai, silahkan klik tombol "Selesaikan & Bayar". Jangan lupa cek email Anda untuk informasi pembayaran dan konfirmasi.

Apabila proses pembayaran selesai dan domain Anda sudah aktif, silahkan ketikkan URL domain pilihan Anda pada web browser, contoh solusipress.info, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

Perlu dipahami juga bahwa propagansi DNS membutuhkan waktu sekitar 1 s/d 72 jam untuk dapat diakses dari seluruh dunia. Jadi tunggulah beberapa jam jika domain Anda belum dapat dibuka, atau hubungi customer service Domainesia jika sudah 24 jam.

Silahkan klik tombol "Login ke Admin Panel" sampai muncul halaman login WordPress, silahkan isi username dan password sesuai yang Anda isi pada form pendaftaran.

Mengganti Theme

Pada halaman Dashboard pilih menu Appearance -> Themes, kemudian klik tombol Add New. Silahkan pilih theme sesuai keinginan Anda, namun saya menyarankan menggunakan GeneratePress.

Silahkan ketik "generatepress" (tanpa tanda kutip) pada kotak Search Theme seperti pada gambar dibawah ini, instal dan aktifkan theme tersebut.

Web Anda siap digunakan.

Bagaimana Selanjutnya ?

Pada titik ini Anda sudah memiliki hosting, domain dan web berbasis WordPress. Selanjutnya adalah mendesain halaman web Anda agar terlihat menarik dan mengisi content dengan tulisan-tulisan menarik.

Salah satu cara mendesain halaman web WordPress Anda adalah dengan menggunakan plugin page builder. Untuk hal ini saya menyarankan menggunakan Themify Builder, karena selain gratis, page builder ini memiliki fitur yang tidak kalah dengan page builder lain yang berbayar.

Penting: Jangan lupa untuk kembali memeriksa email Anda (cek email dari support@domainesia.com) untuk verifikasi nama domain. Jika dalam 30 hari tidak diverifikasi, maka domain akan dibatalkan.

Happy WordPressing 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

envelope-otagseditcalendarexternal-linksuitcasewhatsapp