Mengamankan Web dari Spam dengan ReCaptcha

Jika artikel atau blog post Anda mendapatkan komentar-komentar "ngga nyambung" dalam jumlah banyak dapat dipastikan komentar-komentar tersebut adalah spam. Untuk mengantisipasinya Anda dapat menggunakan layanan ReCaptcha dari Google.

Mendaftarkan Website di Google ReCaptcha

Pastikan Anda mempunyai account Gmail, kemudian arahkan browser Anda ke URL ReCaptcha, klik tombol My reCAPTCHA setelah halaman terbuka.

Isi form Register dengan lengkap, pastikan memilih Invisible pada reCAPTCHA v2. Anda juga dapat mengisi domain lebih dari satu.

Setelah proses registrasi, Anda akan mendapatkan Site key dan Secret key yang akan digunakan pada website Anda.

Install Plugin ReCaptcha

Jika Anda mencari dengan kata kunci "recaptcha", maka akan ada banyak plugin yang dapat dipasang. Saya menyarankan menggunakan plugin Advanced noCaptcha & invisible Captcha buatan Shamim Hasan seperti pada gambar dibawah.

Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin, pilih menu Settings

Isi form setting seperti pada gambar dibawah, pastikan memilih "Invisible" pada kolom Size, kemudian simpan.

Jika pengaturan berhasil, maka akan muncul kotak ReCaptcha pada bagian kanan bawah website Anda pada form login, komentar dan lainnya sesuai pengaturan sebelumnya.

Kesimpulan

Dengan memasang plugin reCAPTCHA maka kemungkinan website Anda terserang spam dan bot akan semakin kecil. Pastikan untuk merahasiakan Secret key Anda agar tidak digunakan orang lain.

Happy WordPressing 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

envelope-otagseditcalendarexternal-linksuitcasewhatsapp