Menyoal Lisensi GPL Pada Theme dan Plugin WordPress

Wordpress adalah perangkat lunak ( software ) CMS yang didistribusikan secara free dengan lisensi GPL ( General Public License ), oleh karena itu semua software turunan wordpress dianjurkan untuk berlisensi GPL juga, termasuk theme dan plugin premium. Lalu apakah theme dan plugin premium bisa kita dapatkan secara gratis lewat lisensi GPL ini ? Jawabannya adalah tidak selalu.

File-file theme dan plugin mungkin saja Anda dapatkan secara gratis, namun tidak untuk update dan support, yang biasanya update sering dilakukan mengikuti perubahan versi pada wordpress itu sendiri. Bagi pengguna non developer bagaimanapun akan sangat membutuhkan ini, karena pada setiap update ada perbaikan atau penambahan fitur dari versi sebelumnya dan dapat dengan mudah diperbarui melalui admin dashboard wordpress.

Bolehkah menggunakan theme atau plugin premium tanpa membeli ?

Ya, boleh, dengan syarat lisensi yang digunakan adalah GPL, namun dengan resiko tanpa update dan tanpa support dari pengembang aslinya. Apakah ilegal? tentu tidak, karena pada dasarnya perangkat lunak berlisensi GPL adalah free, dalam artian freedom atau kebebasan untuk menggunakan, mempelajari, berbagi (menyalin), dan memodifikasi perangkat lunak tersebut baik untuk tujuan komersial ataupun tidak.

Walaupun demikian, sebagian developer menganggap hal ini tidak etis untuk dilakukan, terutama untuk tujuan komersial. Karena proses pembuatan theme dan plugin terutama yang kompleks membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit, dan sebagai sesama developer sudah seharusnya saling menghargai karya tersebut, apalagi karya tersebut dapat mendatangkan keuntungan.

Saran untuk pengguna non developer

Membeli lisensi dan support pada theme dan plugin premium sangat disarankan bagi Anda pengguna wordpress dari kalangan non-developer. Anda dapat membelinya langsung ke penyedia layanan atau melalui developer/digital agency/web designer yang Anda percayakan untuk membuat website Anda.

Sebagian besar theme/plugin premium akan berakhir masa update dan support dalam setahun, dan Anda harus memperpanjang kembali untuk tahun berikutnya. Jika Anda mendapatkan theme/plugin dari developer/agency biaya perpanjangan mungkin lebih murah.

 

Kesimpulan

Pada akhirnya semua bergantung kepada Anda, apakah membeli langsung melalui penyedia theme/plugin atau membeli sebagai bundle melalui jasa digital agency ataupun mendapatkan secara gratis dari teman, developer lain secara berantai.

Namun jika Anda mendapatan secara gratis sebaiknya tidak untuk dijual kembali namun digunakan sendiri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, jika Anda telah mendapatkan keuntungan tidak ada salahnya kemudian membeli secara resmi.

 

Happy WordPressing

4.3 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
envelope-otagscalendarwhatsapp
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x