Sisi Koding WordPress: Pendahuluan

Kapan koding pada wordpress diperlukan? yaitu ketika Anda ingin memodifikasi theme atau plugin untuk lebih disesuaikan dengan bisnis/selera Anda, atau ketika Anda adalah seorang developer yang ingin membuat theme atau plugin untuk kemudian dijual/digunakan pada layanan Anda.

Apa itu Koding?

Istilah koding menurut pendapat saya pribadi mengacu pada menulis/memodifikasi kode sumber dengan menggunakan satu atau beberapa bahasa pemrograman tertentu untuk menghasilkan/meningkatkan/memperbaiki suatu produk digital (aplikasi/software/embed system) yang dapat dijalankan pada perangkat elektronik/platform terentu (termasuk komputer, mobile phone, web browser, wordpress, dll).

Bagi kalangan developer/programmer, koding adalah keseharian mereka. Lalu bagaimana dengan non-developer? Tenang saja, koding adalah jenis pekerjaan yang tidak selalu dari kalangan IT atau Elektronika atau Matematika. Saat ini koding untuk semua orang.

Bahasa Pemrograman pada WordPress

Kode sumber wordpress terdiri dari beberapa bahasa pemrograman/markup/styling  yaitu PHP, HTML, CSS dan Javascript (dengan jQuery dan Backbone) serta menggunakan MySQL (atau MariaDB) untuk penyimpanan data. MySQL sendiri memiliki bahasa SQL didalamnya untuk menjalankan operasi/perintah terhadap objek-objek database. Sehingga jika Anda ingin menjadi seorang wordpress ninja atau wordpress developer, kelima bahasa tersebut harus Anda pelajari dengan baik.

Bagaimana memulainya?

Anda tidak harus menjadi seorang wordpress ninja/developer untuk memodifikasi sedikit tampilan/fungsi pada wordpress, namun jika Anda memiliki banyak waktu dan keinginan kuat untuk belajar dan berharap membuat sebuah produk yang dapat dijalankan pada platform wordpress, maka hal itu sangat disarankan, karena memiliki kemampuan-kemampuan tersebut dapat meningkatkan pendapatan Anda pada akhirnya.

Website W3Schools adalah tempat yang tepat bagi pengguna wordpress dari luar bidang IT/komputer yang ingin mempelajari sisi koding dari wordpress tanpa harus memasang software pengembangan web pada komputer. Mulailah dengan HTML dan CSS yang nantinya digunakan untuk memodifikasi tampilan pada theme wordpress Anda.

Porsi selanjutnya adalah mempelajari PHP, SQL, Javascript dan JQuery, banyak sumber-sumber di internet yang membahas penggunaan bahasa-bahasa ini. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke WordPress Codex karena disitulah pusat informasi bagi pengguna yang ingin memulai koding pada wordpress.

Website-website lain seperti WPBeginner, CodeInWP, WPLift dan WordPress.TV adalah tempat yang tepat untuk selalu update dalam hal per-wordpress-an.

Plugin-plugin yang mendukung custom code

Untuk mempercepat dan memudahkan dalam menulis/memodifikasi kode-kode pada wordpress, Anda dapat menggunakan plugin-plugin dibawah ini. Bagi sebagian developer mungkin lebih suka menggunakan text editor pada komputer lokal dan membungkusnya menjadi sebuah theme/child-theme atau plugin.

1. Simple CSS

2. Code Snippets

3. AceIDE

4. Child Theme Configurator

5. GenerateWP

Untuk penggunaan plugin-plugin/layanan diatas akan saya bahas secara khusus dalam tulisan-tulisan berikutnya.

Kesimpulan

Banyak hal yang perlu dipelajari ketika ingin mendalami wordpress terutama pada sisi koding. Bagaimanapun tidak ada cara cepat untuk menguasai semuanya. Perbanyak latihan dengan mencoba dan menemukan kesalahan adalah cara yang efektif untuk menguasainya.

Happy WordPressing

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
N Hardiansyah
N Hardiansyah
1 year ago

Mohon petunjuknya bng yerie, kalo misalnya kita ingin buat plugin sesuai kebutuhan, itu untuk mulai create table sendiri seperti kebutuhan sampai crudnya.itu saya bisa mulai belajar dari mana ya bng.... mkin abng dulu buat crud plugin yg bng share itu bisa dimulai darimana bng.

N Hardiansyah
N Hardiansyah
1 year ago
Reply to  Yerie Piscesa

okey bang maksih informasinya, dicoba dulu, nanti kalo berhasil pasti dikabarin lgi ke halaman2 blog bng ini... semoga berhasi & terimakasih bnyak sebelumnya bng Yere dah mau share ilmunya.

envelope-otagscalendarwhatsapp
4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x