Offline Development Lebih Mudah dengan Local by Flywheel

Bagi Anda yang memiliki usaha jasa desain atau development dengan platform WordPress , Anda harus mencoba aplikasi "Local by Flywheel" karena akan membuat hidup lebih indah.

Mungkin sebagian dari Anda pernah menggunakan software seperti XAMPP, MAMP, LAMPP ataupun WAMP pastinya Anda sudah tahu fungsi dari software-software tersebut. Ya... Bedanya adalah Local fokus pada pengembangan WordPress pada komputer lokal Anda.

Migrasi dari MAMP Pro ke Local by Flywheel

Sebelumnya saya adalah pengguna MAMP Pro, namun Local menjanjikan pengembangan WordPress lebih mudah dari yang ditawarkan MAMP Pro. Dengan harga yang jauh lebih murah (gratis lebih tepatnya) dan fitur-fitur yang bisa dibilang mengungguli MAMP Pro (dalam hal WordPress) maka saya putuskan untuk menggunakan Local untuk proyek-proyek WordPress saya.

Instalasi WordPress pada Komputer Lokal Tidak Pernah Semudah ini

Jika dibandingkan dengan MAMP Pro, instalasi WordPress dengan Local terasa jauh lebih mudah. Untuk mencobanya silahkan unduh, pasang pada komputer Anda kemudian luncurkan. Untuk membuat site baru, klik menu File -> Add New Site, atau klik tanda + pada bagian kiri bawah aplikasi Local.

Hanya dengan 3 langkah mudah Anda langsung dapat menjalankan WordPress pada komputer lokal dengan alamat http://pisces-tailor.local (karena saya memberi nama "Pisces Tailor" pada langkah pertama, harap sesuaikan sendiri). Selanjutnya silahkan login dan lakukan kustomisasi seperti biasa.

MailHog dan WP CLI

Setiap site yang Anda buat sudah dilengkapi dengan WP CLI dan MailHog ( termasuk juga tools untuk Database dan SSL ). Untuk mengkases WP CLI silahkan pilih site yang ingin Anda gunakan, klik kanan, lalu pilih "Open Site SSH". Jalankan beberapa perintah wp-cli untuk mencobanya.

Untuk uji coba email, Anda dapat menggunakan MailHog, klik tombol "OPEN MAILHOG" pada tab Utilities. Dengan mailhog Anda tidak perlu bolak-balik membuka account email yang bebeda untuk sekedar testing.

Silahkan mencobanya dengan menginstall plugin Contact Form 7 dan WP Mail SMTP terlebih dahulu pada dashboard admin atau melalui wp-cli. Setelah itu Anda seharusnya sudah tahu apa yang harus dilakukan, ya... membuat form baru (atau gunakan sampel bawaan CF7 ) dan memasangnya pada sebuah Page.

Woooow.... fitur yang luar biasa bukan? masih ada 1 lagi yaitu:

Tampilkan Live Demo ke Client Anda

Ini adalah fitur yang membuat saya "rela" melepas MAMP Pro sebagai "alat perang" setiap proyek WordPress. Perbedaan besarnya adalah dengan MAMP Pro hanya dapat dilakukan pada jaringan yang sama, sedangkan Local dapat diakses client Anda melalui internet, tentunya dengan koneksi yang dibatasi.

Anda hanya perlu klik tombol Enable Live Link pada bagian bawah aplikasi Local, kemudian Local akan men-generate live link untuk Anda.

Dari contoh diatas nampak live link yang dihasilkan adalah : http://8d78eb25.ngrok.io

Happy WordPressing.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
envelope-otagscalendarwhatsapp
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x