Install WordPress pada localhost dengan MAMP Pro

Jika Anda punya cukup dana untuk membeli MAMP Pro, ada cara cepat untuk memasang wordpress pada komputer Anda sebelum mempublikasikannya (baca: upload) ke internet. Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa mencobanya dulu sebelum membeli.

Mari kita mulai

Pastikan MAMP Pro sudah terinstall pada komputer Anda, setelah aplikasi terbuka, akan muncul tampilan berikut:

Klik tanda + pada bagian bawah tabel hosts, kemudian muncul kotak seperti dibawah ini, silahkan isi Host name, Document root, beri tanda check pada bagian "create a database named" kemudian isi nama database sesuai keinginan, klik tombol "Create" ketika semua sudah diisi.

Selanjutnya window "creating new host" tertutup dan pada tabel hosts terlihat host baru dengan nama sesuai yang kita isi sebelumnya. Klik tombol "Save" pada bagian kanan bawah dan restart service (apache & mysql)

Setelah semua kembali aktif, klik tab Extras kemudian klik tanda + pada bagian kiri bawah lalu pilih WordPress.

Isi form yang dibutuhkan, kemudian klik "Install"

Proses install membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit, silahkan gunakan waktu untuk berdiri sejenak, mengambil camilan atau minuman favorit 🙂

Luncurkan browser dengan url http://portfolio.dev:8888 dan fresh wordpress website siap digunakan.

Haruskah menggunakan MAMP Pro ?

Tentunya sebagai developer/wordpress user menggunakan stack PHP+Mysql/MariaDB+Apache/Nginx adalah sebuah kewajiban, namun penggunaan software bundle seperti MAMP Pro dapat mengurangi pekerjaan manual untuk melakukan setup pada development environtment yang pada akhirnya dapat mempercepat proses pengerjaan.

Happy WordPressing

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
envelope-otagscalendarwhatsapp
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x