Mengarahkan Isian Forminator ke Pesan WhatsApp

Penggunaan WhatsApp sebagai alat pemesanan jual-beli sudah menjadi pilihan para pelaku usaha online di Indonesia. Pastikan calon pelanggan Anda dapat dengan mudah membuat pesanan dengan plugin Forminator.

Artikel ini adalah seri ke-3 dari tutorial tentang Forminator. Sebelum melanjutkan, pastikan Anda sudah membaca artikel sebelumnya.

Attach Form ke Page Baru

Agar tidak merusak snippet yang telah dibuat sebelumnya, buat page baru dengan meng-attach form yang sudah Anda buat sebelumnya. Pada contoh ini, saya memberi nama Forminator Test WA, sehingga slugnya adalah "forminator-test-wa".

Menulis Kode

Buat snippet baru, beri nama sesuai keinginan, kemudian isi script dibawah pada bagian code. Pilih opsi Only run on site front-end kemudian Save Changes and Activate.

Pada dasarnya script diatas adalah penambahan dari script di artikel sebelumnya. Berikut adalah detail perubahannya.

  1. Baris 2-4 dan baris 10-12, untuk menghindari error nama fungsi yang sama dengan code snippet yang lain.
  2. Baris 7, kita perlu library underscore.js yang sudah tersedia pada core WordPress.
  3. Baris 43 s/d 92, untuk mengambil isian form ( menggunakan event before:forminator:form:submit ) dan melemparnya ke pesan WhatsApp segera setelah proses pada Forminator berhasil ( menggunakan event forminator:form:submit:success ).

Jangan lupa untuk mengganti nomer HP pada variabel "the_phone". Perlu diperhatikan pula, pada script diatas tidak menggunakan field select (combo box/dropdown input), silahkan lakukan modifikasi untuk menangani field tersebut sebagai bahan belajar Anda.

Kesimpulan

Jika Anda sudah membaca artikel tentang pengiriman ke pesan WhatsApp menggunakan Contact Form 7, maka ini adalah versi Forminatornya. Perlu dipahami juga, bahwa setiap plugin mempunyai caranya sendiri untuk kustomisasi, silahkan cek dokumentasi (atau bongkar scriptnya) untuk plugin-plugin form yang lain.

Cek live demo pada halaman ini.

Happy WordPressing 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

envelope-otagseditcalendarexternal-linksuitcasewhatsapp